Senin, 27 Februari 2012

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari


Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,kuliah, multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Manusia memiliki kecenderungan untuk mengikuti perkembangan teknologi khususnya bidang komputerisasi. Kemajuan teknologi yang begitu pesat mendorong anak-anak pada usia dinipun mengakraban diri dengan teknologi tersebut. 

Begitu banyak pengaruh komputer bagi kehidupan salah satunya dapat mempercepat pekerjaan, memanjakan pengguna,serta mempengaruhi aktivitas sebagian besar orang seperti membayar tagihan, belanja, mendaftar sekolah, main game bahkan berkomunikasi dengan orang lain dari bagian bumi manapun bisa dilakukan. Hampir setiap bidang kehidupan menggunakan jasa komputer diantaranya dibidang  kesehatan, transportasi, pendidikan, industri, jasa percetakan, jasa konstruksi dan sebagainya. Di dunia perkantoran komputer sangat menunjang karena memiliki program aplikasi yang dapat mempermudah pegawai dalam mengetik surat, membuat laporan, mengirim surat melalui email, menghitung gaji pegawai dan sebagainya. Dalam bidang kesehatan komputer juga sangat di gunakan untuk mempermudah dokter dalam memonitor detak jantung pasien. Dilihat dari bidang transportasi komputer sangat bermanfaat dalam pembookingan tiket pesawat online sehingga tidak terjadi antrian penumpang yang terlalu panjang dan penjadwalan keberangkatan dibandara atau stasiun yang telah diprogramkan dengan komputer. Dilihat dari kacamata arsitek dan kontraktor komputer sangat berguna. untuk pemodelan, perhitungan secara tepat dan benar dengan menggunakan program CAD dan sebagainya.

Tenyata tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia. Salah satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak komputer bagi kesehatan individu pemakainya. Contohnya saja beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pemakaian komputer, antara lain Repetitive Stress/Strain Injury, kelelahan mata dan sakit kepala, sakit punggung dan leher, dan medan elektromagnetik. Repetitive Stress Injury (RSI) adalah sakit pada pergelangan tangan, lengan, tangan dan leher karena otot-ototnya harus bekerja cepat dan berulang. Hal ini dapat menjadi semakin parah jika pengguna komputer tidak memperhatikan faktor ergonomic pemakaian komputer dalam jangka waktu lama. Faktor ergonomic sendiri sangat perlu diperhatikan untuk memperoleh kenyamanan dan posisi ideal yang sehat bagi tubuh selama pemakaian komputer.

Selanjutnya yaitu kelelahan mata dan sakit kepala. Sebenarnya ini merupakan keluhan yang paling banyak dikeluhkan para pemakai komputer, Computer Vision Sindrome (CVS)  merupakan kelelahan mata yang dapat mengakibatkan sakit kepala, penglihatan seolah ganda, penglihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah penglihatan lainnya.

 

           Setelah kita mengetahui dampak positif dan negatif dari komputer. Kita sebagai pengguna komputer harus bisa memanfaat komputer dengan baik. Jangan hanya memandang dampak positif dari komputer tetapi juga harus mengetahui apa  dampak  negatif dari komputer agar bisa meminimalisir dampak negatif dari komputer.  Jika memang tuntutan pekerjaan  sebaiknya pengguna komputer melengkapi layar komputer dengan anti radiasi dan memperhatikan faktor ergonomic.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar